Maribaya

Cerita Tempat Pariwisata di Bandung

Posted on

Cerita Tempat Pariwisata di Bandung Bandung merupakan ibukota Jawa Barat serta kota terbesar ke-4 di Indonesia. Berada pada ketinggian 750mdpl, kota itu mengandung udara relatif sejuk. Kebanyakan penduduk Bandung ialah orang Sunda. Kota Bandung mempunyai daya tarik tangguh bagi tidak sedikit orang tuk berkunjung ke kota itu. Setiap liburan, Bandung ‘diserbu’ masyarakat Jabodetabek. Pada Sabtu atau Minggu silam lintas didalam kota dan sekeliling Bandung macet, jalanan dipenuhi alat transportasi berplat B A F. Tapi siapa peduli pada kemacetan, yang terpenting bisa berwisata ke Bandung. Orang Jabodetabek berwisata ke Bandung tuk beli baju terkenal di factory outlet secara harga murah ataupun mencari jajanan. Selain menjadi ‘kota kembang’, Bandung pun pernah disebut ‘Paris van Java’ lantaran beragam taman dan kebun yang ada di kota ini, tapi kemegahan dari ungkapan itu lebih banyak terjadi buat Bandung tempo doeloe. Tidak sedikit juga bangunan khas Belkalian peninggalan masa lalu yang tak terlalu terawat bercampur dengan konstruksi baru.

  1. Kawasan Lembang Wilayah yang ada di utara Bandung mempunyai beberapa obyek wisata yang amat menarik. Jika kalian menikmati perjalanan dari jantung kota Bandung mulus ke utara lalu kawasan pariwisata pertama yang ditemui yakni Kota Lembang. Tapi di sekeliling Kota Lembang ada pula beberapa obyek pariwisata menarik lain misalnya Desa Cihideung juga Maribaya, kalian bisa melakukan perjaianan dengan menjajal rute yang setingkat lebih menarik melewati Desa Cihideung, Lembang serta Maribaya.
  2. Wisata Lembang Kira-kira 16 Km ke sisi utara dari Bandung, jalanan yang kearah Tangkuban Perahu, wisatawan bakal melewati daerah Lembang. Tempat ini dahulu dijadikan sebagai kawasan peristirahatan tapi sekarang telah sebagai kota pasar. Penjual sayur serta buah- buahan berjualan hingga ke tepi jalan raya. Sebagian besar wisatawan sekedar lewat saja tuk pergi ke tempat lainnya yang menarik di daerah yang tinggi di Bandung.
  3. Maribaya Obyek pariwisata Maribaya berada 4 Km di bagian tenggara Lembang. Lokasi itu mempunyai sumber mata air panas, taman rekreasi, serta juga curug setinggi 25m. Maribaya merupakan tempat pariwisata yang banyak didatangi oleh keluarga, terutama liburan akhir pekan. Mata air panas Maribaya menyimpan belerang yang memadai untuk berenang atau berendam. Di taman yang ada di Maribaya, pengunjung melewati perjalanan (tracking) selama 6 KM. Treking lewat jalan kecil melintasi lembah sungai menghijau sampai tiba ke Bukit Dago, lokasi yang bagus tuk menyaksikan keindahan matahari kala tenggelam.
  4. Tangkuban Prahu Gunung api dengan tinggi 2076mdpl itu berada 28 Km di utara yang bisa dicapai 30menit. Sepanjang perjalanan menaiki ke Tangkuban Prahu pengunjung disajikan dengan pemandangan alam pegunungan tergolong pemandangan ke wilayah kota Bandung yang tampak dari ketinggian. Kendaraan dapat langsung menanjak hingga dekat Kawah Ratu yang adalah kawah premier puncak Tangkuban Perahu, tak jauh dari kawah premier ini ada Kawah Upas. Dari sana pengunjung bisa berjalan kaki menanjak menuju stasiun geologi yang berada lebih tinggi ataupun berjalan turun ke arah kawah lain yang sedikit kecil, Kawah Domas.
  5. Ciater Obyek pariwisata Ciater atau dijuluki Sari Ater berada 8 Km di bagian timur laut Tangkuban Perahu 1,500mdpl. Daerah ini mengandung udara sejuk yang dilingkupi perkebunan teh serta cengkeh yang amat luas. Tempat yang pas untuk beristirahat. Daerah perkebunan itu merupakan kawasan berjalan-jalan yang amat menyenangkan sembari menikmati udara menyegarkan pegunungan, wisatawan pun bisa melihat pabrik teh yang beralamat di kawasan ini. Desa Ciater mempunyai mata air panas yang menyimpan belerang yang katanya dapat menyembuhkan beragam penyakit semacam lumpuh, syaraf, dll. Air panas itu mengalir ke sungai-sungai yang ada di daerah ini hingga jadi dingin yang lalu digunakan oleh petani sekitar tuk mengairi sawah hingga jadi subur.
  6. Waduk Jatiluhur Waduk Jatiluhur ialah danau bikinan yang jadi tempat populer tuk menikmati olahraga air semacam berenang, ski air serta boating. Danau yang berada di dekat kota Purwakarta ataupun 70Km barat laut itu mempunyai bendungan dengan panjang 1200meter dengan tinggi 100meter yang menghalau air danau secara luas permukaan 80hektar. Bendungan itu mempunyai pembangkit tenaga listrik yang dikirim ke Jakarta dan Jawa Barat serta menyediakan keperluan air tuk separuh zona sawah Jawa barat. Lingkungan bendungan Jatiluhur itu mempunyai sarana penginapan untuk pengunjung. Penginapan itu dulunya adalah tempat tinggal karyawan Perancis saat ikut mendirikan bendungan ini. Pengunjung musti membawa kendaraan sendiri tuk pergi dan berkeliling di wilayah yang tenang itu.
  7. Kawah Putih Untuk pergi ke Kawah Putih kalian musti mengambil jalan menuju Ciwidey; satu kota kecil yang mempunyai beberapa tempta makan bergaya Sunda. Dari Ciwidey jalanan bakal berbelok-belok ke persimpangan yang kearah Kawah Putih, 6Km menjelang Rancabali. Kawah Putih merupakan kawah gunung api secara warna airnya biru kehijauan. Dari jalanan raya, kalian belok kiri lewat jalan yang tidak mulus sepanjang 8Km tuk tiba lokasi yang ada dibawah atas Gunung Patuha (2334mdpl).
  8. Situ Patengan Situ Patengan adalah lokasi pariwisata sangat menarik di Pariwisata Bandung Selatan. Lokasi itu terletak di Rancabali yang berada 42 Km dari Bandung. Rancabali adalah kawasan kebun teh yang mempunyai panorama indah punya PT Perkebunan Nusantara VIII. Kebun teh membentang luas di bukit kawasan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *