Taman Nasional Baluran

Mau Lihat Afrika di Kepulauan Jawa? Kunjungi Little Africa of Java Ini

Posted on

Popularitas dari adanya Taman Nasional Baluran makin melejit dalam beberapa tahun belakangan ini. Dibandingkan dengan taman-taman nasional yang lain, taman nasional luasnya 25 ribu ha yang berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada dasarnya terbilang unik. Tidak hanya memiliki wilayah hutan yang cantik, Baluran pun punya pantai dan hamparan padang sabana yang lebar. Bentangan alam yang disebutkan tadi itulah yang menjadikannya berbeda dengan taman-taman nasional yang lain. Kehadiran padang sabana 5 ribu ha membuat pemandangan Taman Nasional Baluran belum ubahnya semisal di Benua Afrika. Kita bisa melihat beberapa hewan semisal rusa, monyet, kerbau liar, banteng, kijang, kancil, macan tutul, kucing bakau, dan lain-lain berkeliaran. Beberapa burung pun turut menghuni taman nasional di sini semacam burung merak, bangau tong-tong, rangkong, ayam hutan merah, layang-layang api, dan sebagainya.

Untuk kategori vegetasinya, Baluran pun terbilang lengkap mulai dari adanya sabana, hutan mangrove, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan musim, hutan rawa sampai hutan hijau sepanjang tahun. Aktivitas yang bisa dikerjakan di Taman Nasional Baluran adalah Trekking atau bersepeda mengeksplorasi hutan dan padang sabana, naik Gunung Baluran. Tenang saja jika anda takut tersasar atau ketinggian karean akan ada guide yang membimbing anda semua untuk menikmati setiap aktivitas dari Taman Nasional Baluran ini.

Biasanya para wisatawan yang ingin datang ke Taman Nasional Baluran ini mengambil beberapa trek jalan yang umum juga untuk dilewati kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda empat, maupun roda lebih dari 6 termasuk truk besar. Trek atau jalan yang bisa diambil adalah dari arah situbondo atau daerah Surabaya, jika tidak ingin lewat Surabaya bisa juga lewat Banyuwangi yang lebih dekat, atau jika dari laut anda bisa lewat dari Pelabuhan Ketapang Banyuwanig diperkirakan jika naik kendaraan selama satu jam saja atau anda yng warga kota Malang bisa berkendaara selama lima jam untuk menuju ke Taman Nasional Baluran.

Tiket masuk ke Taman Nasional ini dibagi menjadi dua yaitu untuk wisatawan dalam negeri (domestik) atau wisatawan turis asing (internasional). Untuk domestik terbilang murah sekali karena anda hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp 2.500 saja per orang, sementara untuk turis asing yang ingin menikmati The Little Africa of Java ini harus merogo kocek sebanyak Rp 20.000 per orang. Lalu bagi anda yang sudah terlanjur lelah dan tidak kuat berkendara untuk pulang bisa menikmati akomodasi penginapan semalam saja di Baluran ini, untuk harga per kamar relatif yaitu dari Rp 35.0000-Rp 100.000 tergantung didalamnya ada fasilitas apa saja untuk para wisatawan. Jika fasilitas terbilang komplit atau ingin tambahan lainnya mungkin harga per kamar akan lebih mahal lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *